Senin, 07 Februari 2011

Mengapa Insomnia ???


Ada banyak teori yang dapat menjelaskan tentang penyebab dan mekanisme Insomnia.

Demikian pula, ada banyak tips yang dapat kita terapkan mulai dari pengaturan waktu tidur, olah raga teratur, menghindari penggunaan kafein / alkohol, menjaga higienis tidur, berdoa, dsb.

Namun terdapat dua hal yang perlu kita pastikan terlebih dahulu sebelum membuat kesimpulan apapun tentang Insomnia kita yaitu apakah hal tersebut disebabkan oleh gangguan fisik (medis) ataukah oleh gangguan emosional ?

Adanya gangguan medis dapat menimbulkan keluhan/gejala pada fisik berupa rasa nyeri, gatal, panas, sakit dsb., sedang gangguan emosional menimbulkan keluhan pada psikis berupa rasa cemas, gelisah, takut, panik dsb. yang tentu saja dapat mengganggu suasana tidur kita.

Akibatnya tahap pratidur yang seharusnya diawali dengan suasana santai, perasaan yang tenang dan nyaman justru sebaliknya dipenuhi dengan perasaan marah pada diri sendiri, pikiran negatif dan prasangka buruk.

Untuk itu dengan ataupun tanpa bantuan profesional, penanganan Insomnia harus difokuskan pada mencari akar masalah / penyebab gangguan Insomnia, bukan hanya sekedar menghilangkan akibat ataupun mengurangi rasa nyeri dan gelisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dtw15t3r.blogspot.com