Senin, 07 Februari 2011

NgeBlog via PDA -> moBlog

Awalnya handphone hanya bisa digunakan untuk telepon dan sms saja, tapi seiring perkembangan zaman sekarang handphone bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Begitu juga dengan PDA. Pada awalnya PDA hanya mengakomodasi fasilitas bisnis. Tapi leluasanya OS PDA, termasuk dalam urusan koneksi internet dan office sekarang kita juga bisa melakukan banyak kegiatan dengan PDA. Salah satunya adalah ngeblog. Ngeblog sampe saat ini tidak bisa dilakukan via browser mobile, tetapi bisa dilakukan via mobile email. Tapi jangan khawatir, dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang tentu saja gratis kita bisa ngeblog via PDA.
Aplikasi itu adalah moBlog. Dengan aplikasi ini kita tidak hanya bisa mengedit posting kita saja, tapi kita bisa membuat posting baru. Jadi dengan aplikasi ini kita membuat posting baru di mana saja, sehingga blog kita bisa selalu up to date. Selain syarat diatas tentu saja ada syarat lainnya, yaitu koneksi internet. Jadi sebelumnya cek koneksi internet anda. Ok’s, kita lanjut saja ke proses instalasinya.

Langkah 1
Download aplikasi moBlog disini

Langkah 2
Ekstrak file .zip yang telah didownload di PC. Pindahkan file .cab ke PDA anda dengan bluetooth atau kabel data. Atau jika anda telah menginstal Pocket Rar di PDA, maka anda bisa langsung membuka file hasil download di PDA.

Langkah 3
Tekan file moBlog.cab untuk menginstal, anda bisa menyimpan di memori intenal atau storage card.

Langkah 4
Buka aplikasi moBlog yang terletak di Today > Start > Program

Langkah 5
Sebelum mulai ngeblog, kita harus mengisi profile terlebih dulu. Caranya Menu > profiles. Isi kolom-kolomnya.
Kolom profiles pilih Create new profile
Kolom profile name isi sama dengan kolom profiles
Kolom provider isi dengan provider blog anda. Saat ini tersedia untuk blogger (blogspot), LiveSpace dan Wordpress.
Kolom Username isi dengan username blog anda, jika anda memakai blogger isi dengan email gmail saat anda mendaftarkan akun anda.
Kolom password isi dengan password blog anda.
Kolom author bisa anda isi sesukanya
Kolom Blog Login (page) URL isi dengan url blog, misal jika anda memakai blogger maka isi dengan http://www.blogger.com
Kolom Blogs tidak usah diisi



Langkah 6
Setelah semua terisi, tekan Retrieve Blogs di pojok kanan bawah. Tunggu beberapa saat karena PDA akan terkoneksi dengan akun blog anda melalui jaringan internet. Maka dari itu lebih baik cek dulu koneksi internet anda. Dan tentu saja cek juga pulsa anda, jika habis maka beli dulu deh...he..he..tapi klo males beli atau lagi bokek bisa cari free hostpot.

Langkah 7
Jika proses retrieve blogs sudah selesai maka semua daftar blog di akun anda akan terlihat. Klik options > save.

Langkah 8
Setelah semua proses diatas selesai anda bisa mulai ngeblog. Misal membuat posting baru. Caranya, kembali ke halaman moBlog depan > select profile (pilih profil yang telah anda buat tadi) > select blog > new post > di tab Header ada 2 kolom yaitu title dan tags (isi sesuai dengan posting anda) > untuk membuat posting klik tab Body > anda bisa melihat previewnya dulu sebelum disimpan > jika sudah klik Save Options.

Anda juga bisa memasukkan gambar, bisa dari file yang sudah anda simpan sebelumnya di storage card atau bisa dari hasil jepretan kamera PDA anda. Selain itu, tulisan yang anda buat bisa anda buat tebal, miring atau bergaris bawah. Semua ini bisa anda edit melalui Edit Options. Oh ya, bagi anda yang paham dengan bahasa pemograman web alias HTML anda bisa menggunakannya di sini karena posting berupa bahasa HTML yang sederhana.

Langkah 9
Jika anda sudah selesai menulis atau mungkin anda sekedar copy paste karena telah menulis di Pocket Word sebelumnya, anda bisa sekedar save, save as draft atau bahkan bisa langsung mem pubish nya ke blog.

Selamat ngeblog dimanapun Anda berada,...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dtw15t3r.blogspot.com