Minggu, 20 Februari 2011

Perbedaan Processor Box Dengan Processor Tray


Ada dua macam processor yang dijual dipasaran yaitu Processor Box dan Processor Tray. Processor Tray biasanya dijual dalam kondisi tanpa BOX. Processor Tray ini kinerjanya atau kualitas kerjanya dibawah processor box dan juga tingkat kestabilannya lebih rendah dibanding processor box.

Hal ini disebabkan karena processor tray dibuat biasanya dalam kondisi ter overclock, sehingga panas yang ditimbulkan akan cenderung menjadi tinggi yang pada akhirnya membuat komputer kurang stabil / sering terjadi hang saat dipergunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama dengan kondisi membuka banyak file/mengakses banyak file dalam waktu bersamaan.

Masa garansi processor tray biasanya paling lama hanya satu tahun, dan harga nya relatif lebih murah dibanding processor box. Cara paling efektif dalam membedakan processor box dengan processor tray adalah : cek masa garansi nya (processor Intel box / AMD box bergaransi 3 tahun), lalu cek serial number nya, serial number ini harus sama dengan yang tertulis pada box processor.

Istilah tray disini adalah komponen yang tidak melalui Quality Control sehingga ketahanan komponen tentu berbeda dengan komponen yang melalui proses quality control seperti processor box.

Yang anehnya dipasaran processor tray inilah yang paling banyak laku dibanding processor box.

Mungkin juga customer yang beli merasa lebih murah harganya dan tidak terlalu banyak bekerja di depan komputer jadi tidak terasa mana yang tray mana yang box.

4 komentar:

  1. tapi lebih murah yang tray ya mas? sbab biasanya aku kalo beli prosesor, stock HSF nya ga pernah ta pake, mending beli lagi yang laen kayak Thermaltake ato vantec... jadi emang beli yang Tray itu lebih hemat sih...

    BalasHapus
  2. iy, tpi gimana pun tergantung kita juga sih pngen make yg ap.......

    BalasHapus
  3. Helpful information. Lucky me I found your web
    site by accident, and I'm surprised why this coincidence didn't happened
    earlier! I bookmarked it.

    Also visit my webpage; gay porn

    BalasHapus

dtw15t3r.blogspot.com